di blog amatir saya, dengan bahasa seadanya. Bila berkenan silakan untuk meninggalkan jejak komentar

Rabu, 10 Maret 2010

berdikari untuk diri sendiri


Akhir-akhir ini perasaan gw untuk berdikari dalam wirausaha makin muncul dikepala, sebenernya sih udah dari SMA sewaktu mau lulus, udah berencana bikin usaha, gw mau dagang atau bisnis atau membuat home industri gitu deh (sotoy bngt dah).

Ya gw sepertinya lebih nyaman seperti itu, menjadi diri sendiri gak diperintah ini itu lagi! Huff.. Tapi ternyata sampe sekarang belum kesampean juga, dan gw merasa hidup gw kaya gak menarik, gak guna, sampe-sampe gw ngerasa ini bukan gw yg sebenarnya, gila!


Yah alasan nya itu karena rencana serta impian yang belum terwujud. Dan gw pun pernah menenangkan diri kalo hidup itu jalanin aja dulu apa adanya, yah saat itu gw lagi ngerantau jauh dari rumah dan ortu, tapi merah putih masih berkibar sih disana… heheee.. Nah, pas gw udah mao kelar dari rantau tersebut, tuh ide muncul lagi, dan isi kepala punya banyak bayangan apa-apa aja yang bakalan gw perbuat nanti ketika pulang dari rantau, yah lagi-lagi ide untuk berwirausaha menguat lagi, tapi selain muncul juga sekarang ini sering di undang sih dengan cara berdoa dan meminta sama Tuhan.. “Ya Allah berikan lah aku inspirasi dan keyakinan dalam berdikari dan jika kau berkehendak maka besarkan lah”, setiap selesai beribadah selalu berdoa itu.

Lagi-lagi rencana dan mimpi gak mudah buat di wujudin, selalu ada aja halangannya, bahkan itu bisa terjadi dari keluarga sendiri (yah namanya juga perjuangan tinxx..), dalam kasus gw ini Ayah, tapi syukur Alhamdulilah tuh ide masih ada karena gw selalu berdoa, yah walaupun Ayah kurang setuju tapi bukan berarti gw harus ngurungin niat gw kan???

Sewaktu coba mempertahanin ide, gw dan Ayah saling tarik2an urat! hehee… Gw gada maksud buat durhaka, ini Cuma saling tuker pikirin aja, saling memberi tau sudut pandangnya masing2. Karena gw sekarang yakin kalo keputusan tetep ada di gw, semua boleh ngasih pendapat atau kritik, tapi kan keputusan tetep di gw! Yah tetep di gw! Bukannya gak mao nampung pendapat orang, tapi gw punya alasan dan keyakinan sendiri, dan juga udah tau resiko apa aja nantinya yang bakalan di hadapin, semua udah di pikirin! Nah sekarang lagi nyiapin mental, lebih memantapkan keyakinan dalam hal ini.

Kadang juga mikir, mengapa kebanyakan orang sekarang sekolah tinggi-tinggi hanya untuk menjadi pegawai??? Okelah kalo emang pegawai lebih menjanjikan menurut mereka, tapi mengapa gak dicoba juga berwirausaha, ibarat memancing gak hanya mengandalkan 1 kail saja, malah kalo perlu pake tuh jaring juga, ahahahaa…. Dan mengapa tidak menjadi seorang wirausahawan??? Mengapa tidak menjadi orang yang membuka lapangan pekerjaan nya sendiri?? syukur-syukur sih bisa buat orang lain, amin… Yah lagi-lagi cara pandang gw berbeda dari kebanyakan orang.

Ah tapi gak juga ah, buktinya ada banyak tuh orang-orang yg memanfaat kan depan rumah nya jadi kios, berarti gw gak beda-beda banget lah, masih ada mereka yg secara pemikiran hampir sama dengan gw, ahahahaaa… membela diri.
NABI MUHAMMAD SAW aja dulu berdagang kan?? Berarti bisa dibilang sunah Rasul ya??? Hehehee..
Nah Bung Karno juga gak ketinggalan dalam pidato Nawaksara pada Sidang Umum IV MPRS tanggal 22 juni 1966, yang dikenal dengan TRISAKTI BUNG KARNO yang berisi poin sebagai berikut:

1. berdaulat dan bebas dalam politik
2. berkepribadian dalam kebudayaan
3. berdikari dalam ekonomi

di poin yang ke tiga tersebut lah yang gw maksud dalam hal ini, berdikari (berdiri dikaki sendiri) dalam bidang ekonomi, yah gw sih gak mao terlalu luas dulu ngebahasnya, Cuma mao nyoba nerapin di diri sendiri dulu, maksudnya mao nyoba berwirausaha dulu, nyambung gak sih gw??? hahahaahaaaa…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar